UNTUK DAERAH LAIN


حزب التحرير

Friday, November 21, 2008

Pemerintah ambil alih Bank Century!

Pengambilalihan Bank Century Kasus Pertama Setelah Krisis




Bank Indonesia mengumumkan pengambilalihan Bank Century oleh pemerintah melalui LPS. Inilah kasus pertama pengambilalihan bank yang terjadi setelah krisis moneter 11 tahun silam.



"Ya, sepertinya yang pertama. Meski belum jelas strukturnya gimana, apakah akan disuntik dana segar atau bagaimana," kata Ekonom Standard Chartered Bank Fauzi Ikhsan ketika dihubungi, Jumat (21/1/2008).



Menurut Fauzi, setidaknya ada tiga hal yang biasanya terjadi sampai akhirnya suatu bank diambil alih pemerintah. Pertama adalah deposan besar bank tersebut keluar dan mengambil semua simpanannya di bank tersebut.



"Bisa saja karena deposannya keluar. Terutama deposan di atas Rp 2 miliar. Kalau mereka keluar ramai-ramai tentu jadi bermasalah likuiditasnya," katanya.



Ketika bank sudah mengalami kesulitas likuiditas seperti ini, biasanya mencari bantuan ke bank sentral seperti Bank Indonesia. Nah, penyebab kedua adalah kemungkinan bank tersebut tidak memiliki surat utang yang bisa direpokan ketika hendak meminjam dana ke bank sentral.



"Karena kalau mau pinjam dana ke BI kan harus punya surat utang untuk direpokan," katanya.



Setelah tenggelam dalam kesulitan likuiditas namun tidak bisa mendapat pinjaman dana dari BI, maka cara ketiganya adalah mencari investor yang mau menyuntikkan dana segar.



"Tapi hari gini, mau cari investor dimana? Semua juga sedang sulit," katanya.

No comments: