UNTUK DAERAH LAIN


حزب التحرير

Friday, April 4, 2008

Dow Jones, Nasdaq, S&P tertekan pasca pidato the Fed

Index Dow Jones Industrial Average 33 ditutup pada level 12600 melemah 0,38%, index Nasdaq Composite Index 100 ditutup pada level 1863.25 melemah 0,06% dan index S&P 500 ditutup pada level 1368.75 melemah 0,19%.





Review


Bursa saham ditutup melemah akibat respon dari pidato Gubernur Federal Reserve mengenai resesi di Amerika sehingga memicu aksi ambil untung oleh investor. Padahal sebelumnya lantai bursa menguat tajam pertama kalinya sejak 2 minggu terakhir.





Ben Bernanke yang berpidato dihadapan congressional committee menyatakan bahwa ekonomi negeri tulang Sam sedang dalam masa resesi. Namun dirinya tetap optimis di akhir tahun ekonomi Amerika akan bangkit seiring dengan pemotongan suku bunga serta berbagai kebijakan yang akan diberlakukan lainnya.





Pelaku pasar menyatakan tidak terlalu terkejut dengan pernyataan Ben Bernanke, mungkin dirinya mencoba sedikit menenangkan masyarakat karena tingginya inflasi serta angka pengangguran.





Outlook


Untuk pergerakan selanjutnya diperkirakan index utama akan bergerak melemah karena beberapa data ekonomi diperkirakan hasilnya menurun sehingga membuat pesimis pelaku pasar.





Pidato Ben Bernanke yang menyatakan pengakuan dirinya bahwa Amerika sedang dalam resesi juga memberatkan peluang penguatan di lantai bursa. Sepertinya product domestic bruto riil kemungkinan tidak ada peningkatan sama sekali selama semester pertama 2008.





Sementara itu dalam sebuah wawancara dengan milyuner George Soros menyatakan bahwa krisis sektor keuangan saat ini adalah yang terburuk sejak Great Depression dan pasar equity akan jatuh dalam tahun ini.

No comments: