UNTUK DAERAH LAIN


حزب التحرير

Thursday, April 30, 2009

Masjid “Nabi Muhammad” di Azerbaijan Dibongkar

Pemerintahan Provinsi Baku di Azerbaijan pada hari Selasa (28/4) melakukan pembongkaran terhadap masjid “Nabi Muhammad” dengan dakwaan bahwa masjid tersebut dibangun secara ilegal.

Dewan Masjid mengatakan bahwa pihak berwenang telah melakukan pembongkaran tanpa menunggu keputusan banding. Dikatakan bahwa Mahkamah Agung belum mengeluarkan keputusannya yang akhir (final) dalam kasus tersebut.

Pengadilan Tingkat Provinsi, tempat dimana masjid itu berada telah mengeluarkan keputusan untuk penghancuran masjid pada tanggal 28 November 2008 lalu sebagai jawaban atas tuntutan para pejabat pemerintah di provinsi tersebut.

Masalahnya adalah mengapa penghancuran itu dilakukan, padahal Dewan Masjid telah mengajukan pengaduan kepada Mahkamah Agung untuk banding atas keputusan itu. Sedang Mahkamah Agung belum mengeluarkan keputusan finalnya?!

Para pengamat yakin bahwa misi untuk membangun masjid di Provinsi Baku menjadi sesuatu yang tampaknya sulit diwujudkan, terutama setelah pembongkaran terhadap masjid “Nabi Mohammad”. Padahal, kaum Muslim di Baku telah berusaha dengan sekuat tenaga untuk membuka kembali masjid yang sebelumnya ditutup oleh Rezim Uni Soviet. (mb/akhbaralaalam)

No comments: